TUGAS BAHASA INDONESIA 3

Nama : Markus Nugroho G D

Kelas : 4KA20

Npm : 11109730

1. Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.

2. Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic)untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.

*** Tugas:

1. Tentukan ragam bahasa artikel di atas!

Ragam bahasa adalah varian dari sebuah bahasa menurut pemakaian. Dari kedua artikel diatas saya amati ragam bahasa yang dipakai adalah ragam bahasa baku dan resmi. Terlihat pada salah satu kutipan kalimat dari artikel tersebut : “.., yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.”

2. Cari diksi (pilihan kata) dalam bidang sitem informasi yang ditemukan pada artikel tersebut dan jelaskan secara definitif.
–  user interface adalah tampilan antar muka pengguna. User interface berfungsi sebagai mediator antara user dengan komputer.
–  dashboard adalah sebuah antarmuka komputer yang menampilkan bagan,indicator,dan mekanisme.
–  Transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.
–  switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penjembatan taktampak (penghubung penyekatan (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan
–  electronic imaging adalah  suatu sistem fotografi menggunakan sensor ditempat sebelah lensa kamera untuk menerjemahkan gambar.
–  integrasi adalah saling berhubungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain.
–  Komputer grafis(pada artikel komputer grafis) adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra melalui perangkat komputer.
–  scanner adalah alat yang berfungsi untuk menyalin yang obyek berupa gambar/model untuk kemudian akan ditransfer ke PC.
–  Transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

3. Temukan kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat (gramatikal kalimat) (jika ada) dan lakukan perbaikan pada kalimat tersebut.
Pada artikel 1 :
Kesalahan penggunaan kata “apa” yang seharusnya digunakan membuar sebuah kalimat tanya, bukan untuk memperjelas suatu kalimat, contohnya pada kutipan kalimat pada artikel 1 ini : “Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface),…”.
Pada Artikel 2 :
Kesalahan penggunaan kata penghubung yang terdapat pada kutipan kalimat berikut ini : “Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain.”. Untuk menggunakan kata penghubung seharunya tidak menggunakan tanda koma, melainkan bisa menggunakan kata “lalu” atau “kemudian”, contohnya berikut ini : “Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer lalu ditampilkan di monitor kemudian disimpan pada alat penyimpan,atau ditransmisikan ke computer lain.”.
Kesalahan penulisan kata pada artikel 2 :
Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic)untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.
Optic = optik
Bias = biasa
Computer = komputer
Industry = industri

4. Temukan kalimat topik dalam artikel di atas dan kembangkan opini kalian dengan topik tersebut.
Pada artikel 1 :
“Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer.”
Seiring dengan perkembangan jaman dimana saat ini telah banyak bermunculan aplikasi maupun sistem operasi yang selalu dikembangkan demi mempermudah pemakaiannya kepada setiap pengguna.Adapun user interface yang menjadi tolak ukur penting dalam dalam menilai baik atau tidaknya sebuah program. Dari user interface itulah pengguna dapat berinteraksi dengan komputer.Semakin bagus tatanan user interface nya maka semakin mudah dan efisien pengguna dalam berinteraksi dengan komputer.
Pada artikel 2 :
“Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.”
Lahirnya scanner membuka peluang lebar bagi pada industri di bidang yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar. Dimana yang sebelumnya kita hanya bisa menyajikan sebuah gambar dalam bentuk ilustrasi, kini dapat tertuang dalam bentuk digital.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: